Saturday 17 June 2017

MEMBANGUN SISTEM BISNIS YANG KOKOH DAN BERKELANJUTAN

Siapa sih yang tidak mau usaha dan bisnisnya berkembang terus dan terus dan terus sampai diperoleh tujuan dari bisnis itu?

Orang yang baru memulai usaha pasti mau kan kalau bisnis yang dirintisnya terus menghasilkan dan bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan ya kan?

Nah kajian yang saya ikuti kali ini adalah tentang gimana sih caranya membangun bisnis sehingga terus berkelanjutan, sistem yang mesti dihadirkan itu seperti apa?

Kebetulan pemateri ini ketua TDA Bekasi periode tahun 2017 ya pak Muh. Arifin. Beliau ini pemilik bisnis Rumah Makan Ayam Penyet dan sudah punya 6 cabang dan milik sendiri tidak diwaralabakan gitu. Pemateri lainnya Pak Masbukhin Pradana pengusaha kuliner dan punya rumah makan soto.

Bertempat di Mal BTC Bekasi, diriuhrendahi dengan santunan untuk anak yatim, acara yang digelar oleh Alisa Khadija Bekasi dan TDA ini cukup ramai dan yang datang kebanyakan ibu-ibu.

Baiklah, catatan yang saya ketengahkan disini adalah campur-campur antarpemateri alias dirangkum karena ketika acara, kebetulan sering ngobrol dengan rekan sebelah jadi tidak utuh banget.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Sales
Harus terjadi penjualan, terjadi transaksi, tanpa transaksi untuk apa ada bisnis. Transaksi adalah darah bisnis. Cashflow yang masuk adalah laksana darah. Perbesar sales kalau mau bisa ngapa-ngapain dengan uang Anda.

2. Perkuat Operasional
Dengan memperkuat SDM karyawan kita diantaranya dengan training-training yang diperlukan dalam jalannya operasional usaha. Jangan takut memecat karyawan yang kurang bagus. Stok SDM masih banyak dan memiliki kemampuan beragam di sekitar kita. Dapatkan yang terbaik. SDM pintar, bosnya harus lebih pintar dong.

3. Perkuat pasar
Lakukan penetrasi secara OFFLINE dan ONLINE. Kombinasi 2 hal ini merupakan hal yang sempurna.

4. Update Lapangan
Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang terkait dengan bisnis Anda. Komunitas pengusaha? bisa ke TDA, komunitas kuliner, komunitas hobi dan lain sebagainya. JANGAN SEGAN BELAJAR LAGI. Buka pikiran, kosongkan gelas, untuk menerima ilmu-ilmu baru di bisnis Anda. Kekuatan berjamaah ini sangat dahsyat, seperti contohnya dengan pihak ke-3 misalnya dengan GO-FOOD.

5. Miliki Integritas
Produk yang kita jual misalnya makanan, harus sehat dan layak dikonsumsi. Dikaitkan dengan kepercayaan karyawan terhadap pemilik usaha, maka si bos ini harus bisa dipercaya, karena karyawan bergantung pada kita, kalau gajian tanggal 1 ya tepati tanggal 1 jangan diundur-undur.

6. Cari Mentor
Dengan adanya pembimbing maka kita bisa bertanya dan berdiskusi mencari jalan keluar dari permasalahan bisnis yang sedang kita hadapi. Salah satunya bergabung ke komunitas TDA, disini banyak mentor yang siap membantu, jangan malu bertanya ya.

7. Keuangan dan Tertib Administrasi
Uang harus dikontrol. Sudah jelas ya, karena masalah uang adalah masalah sensitif dan menentukan mati hidupnya bisnis.

8. Buat SOP
Prosedur operasi standar harus ada. SOP itu banyak seperti SOP memasak, SOP perparkiran, SOP administrasi, SOP kebersihan, tujuannya supaya operasional bisnis berjalan sesuai standar. Jika ada yang kurang atau salah berarti melanggar SOP. Buatlah Standar Operational Procedures untuk usaha Anda. 

9. Duplikasi
Ini bagian paling menarik, ya, buka cabang! atau jadikan waralaba. Kalau usaha yang kita rintis sudah jalan dan tertib saatnya buka cabang. Kita tinggal meniru sistem yang sudah kita buat, dan kita terapkan ke cabang baru. 






Selamat mencoba!

Sumber: 
Tema : Membangun Bisnis yang Kokoh dan Berkelanjutan
Pemateri : Muh. Arifin dan Masbukhin Pradana
Tempat : Mal BTC Bekasi Timur
Tanggal : 11 Juni 2017

No comments:

Post a Comment