Tuesday 27 June 2017

PESAN UNTUK ALUMNI RAMADHAN ; KHUTBAH IDUL FITRI 2017

Ramadhan 2017 ini telah meninggalkan kita semua. Kali ini pesan Ramadhan langsung disampaikan oleh ustadz Omar Mitha, LC dengan gaya beliau yang khas, materi ceramah yang tidak biasa, mendetail dan selalu saja ada hal baru yang disampaikan dengan dasar dalil yang kuat.
Adapun pesan Ramadhan yang disampaikannya adalah sebagai berikut:

1. Jadilah muslim di segala musim

Menjadi muslim yang kaffah (menyeluruh dan utuh) tidak hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi juga di bulan-bulan yang lain. Yang tidak biasa sholat 5 waktu mestinya jadi bisa sholat di lima waktu tersebut. Yang biasanya sholat di rumah sekarang harus meningkat di masjid. Kita beriman kepada kitab Alloh bukan hanya mencomot dan mengambil sesuai hawa nafsu kita saja. Contoh kita mengambil dalil puasa dari surat Al-Baqarah tetapi kita tidak mengimani salah satu surat di Al-Maidah. Kita ber-Islam bukan semau kita saja, seperti mengganti-ganti saluran TV. Kalau kita tidak suka, kita pindah saluran / channel. Kalau kita tak suka makanan tertentu tidak kita makan, kita makan yang kita suka saja. Dalam beribadah dan ber-Islam tidak begitu, kita harus mengimani dari surat pertama Al-Fatihah sampai An-Naas. Itulah muslim di segala musim.

2. Jangan jadi muslim hanya dalam satu musim

Kita hanya menjadi muslim yang baik yang beribadah total hanya di bulan Ramadhan saja. Selebihnya tidak. Maka dengan gaya seperti ini kita hanya menjadi muslim musiman. Tentunya kita tidak mau menjadi muslim yang seperti ini.

3. Konsisten / Istiqomah

Dikisahkan bahwa para sahabat nabi terus menerus berdoa hampir selama 6 bulan paska Ramadhan. Berdoa untuk apa? ternyata amalan di bulan Ramadhan yang kita lakukan belum tentu diterima oleh Alloh SWT. Kita hanya bisa pasrah dan berusaha dengan berdoa agar amalan Ramadhan kita diterima Alloh SWT. Itulah yang dilakukan para sahabat Nabi Muhammad SAW, terus menerus berdoa agar amalan Ramadhan diterima selama lebih kurang 6 bulan paska Ramadhan. 

Wallahualam bishowab

Materi : Pesan untuk Alumni Ramadhan 2017 ; Khutbah Idul Fitri 24 Juni 2017
Tempat : Masjid Al Falah, Sakura Regency, Bojongkulur 
Penceramah : Ustadz Omar Mitha, LC



No comments:

Post a Comment